Program Doktor (S3) Ilmu   Farmasi,   diselenggarakan  sesuai  dengan Keputusan Menteri Nomor 212/U/1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Doktor, yaitu Program Doktor adalah program terstruktur yang terdiri atas perkuliahan, seminar, studi mandiri, dan komunikasi ilmiah,  termasuk penulisan karya ilmiah.

Karakteristik utama Program Studi Doktor (S-3) Ilmu Farmasi Universitas Sumatera Utara adalah penelitian, pelayanan jasa dan konsultasi. Penelitian sebagai bagian dari program pendidikan doktor dapat dilakukan dalam bidang Ilmu Farmasi. Gelar Doktor diberikan setelah  promovendus  menunjukkan penguasaan pengetahuan secara mendalam dalam bidang Ilmu Farmasi, yang   ditujukkan   dengan   kemampuan dan  ketrampilan meneliti secara mandiri.

Hasil penelitian harus bersifat asli/orisinil, serta menunjukkan kebaruan (Novelty) di bidang Ilmu Farmasi. Hasil Penelitian Program Doktor harus menambahkan  khasanah   Ilmu   Pengetahuan  yang telah    ada;    yang   diharapkan dapat mengungkap dan mengurai masalah baru menurut       kaidah ilmu pengetahuan yang dapat dibuktikan dan dituliskan dalam suatu disertasi.